Rabu, 29 Mei 2024
  • Yayasan Gema Insan Amanah - Berani Berkarya Untuk Bersama

PENTINGNYA BELAJAR ILMU TAJWID

Membaca Al-Qur’an adalah amalan yang mulia. Setiap huruf akan dibalas dengan sepuluh kebaikan sebagaimana sabda Rasulullah SAW. Demikian juga banyak hadits yang menjelaskan tentang kemuliaan orang yang mempelajari Al-Qur’an dan kemudian mengajarkannya.

Sebagai umat muslim, memperbanyak membaca Al-Qur’an adalah sebuah keharusan dalam kehidupan beragama. Selain memperbanyak  membaca Al-Qur’an untuk mencapai kualitas ibadah yang lebih baik maka cara membaca Al-Qur’an perlu diperhatikan. Dalam Al-Qur’an surat Al Muzammil ayat 4 juga Allah sebutkan bahwa “…dan bacalah Al-Qur’an secara tartil…”.

Dalam sebuah atsar, Sayyidina Ali bin Abi Thalib menyebutkan bahwa tartil adalah “tajwidul huruf, wa ma’rifatul wuquf (mengindahkan bacaan huruf, dan mengetahui tentang waqaf-nya)”. Maka dari sini ilmu tajwid sebagai ilmu yang membahas cara pengucapan, sifat huruf Al-Qur’an, serta kaedah lainnya menjadi penting.

Seorang alim ahli qiraat bernama Syekh Al Jazari, menyebutkan dalam syairnya, Manzhumah al-Jazariyyah.

  وَ الْأَخْذُ بِالتَّجْوِيْدِ حِتْمٌ لَازِمُ # مَنْ لَمْ يُصَحِّحِ القُرآنَ آثِمُ  

“Dan mempelajari ilmu tajwid adalah sesuatu yang wajib, Siapa yang tak (berusaha) memperbaiki bacaannya maka ia bisa berdosa”.

Oleh karena itu, mengajarkan ilmu tajwid kepada anak merupakan keputusan yang baik. Seperti program pendidikan yang ada di Yayasan Gema Insan Amanah, dimana salah satunya adalah mengajarkan ilmu tajwid kepada santrinya. Kegiatan ini dijadwalkan setiap malam Selasa dengan pengajar seorang Ustadz maupun Ustadzah yang pastinya memiliki ilmu yang mumpuni dibidang tersebut.

Mengajarkan ilmu tajwid kepada para santri adalah salah satu kesadaran para pengurus Yayasan Gema Insan Amanah. Kami semua menginginkan anak-anak kami mengetahui dan mempraktekan cara membaca Al-Qur’an dengan baik, serta menjaga kemurnian bacaan Al-Qur’an.

Kami mohon do’anya kepada sahabat GIA, semoga anak-anak kami diberikan kemudahan dalam memahami setiap pembelajaran yang diajarkan dan dijadikan anak-anak yang shaleh dan shalehah. Aamiin Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin. 🤲😇

KELUAR