Minggu, 03 Mar 2024
  • Yayasan Gema Insan Amanah - Berani Berkarya Untuk Bersama

TENTANG KAMI

TENTANG KAMI

LATAR BELAKANG

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, manusia berada dalam posisi teratas diantara makhluk-makhluk lainya. Manusia sebagai khlifah fil ard’ memiliki peranan yang sangat penting dalam tatanan kehidupan di alam ini, sebab Allah SWT telah menegaskan bahwa penciptaan bumi dan isinya diperuntukan bagi manusia, maka secara tidak langsung manusia sebagai obyek pengembanan amanah dari sang Pencipta kepada makhluk-Nya.

Salah satu langkah yang dapat kita tempuh dalam mensyukuri amanah tersebut ialah pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) dan pengelolahan sumber daya alam (SDA) secara maksimal. Mengelola SDM dapat kita tempuh melalui pendidikan, dengan pendidikan inilah kita akan mampu merubah fikiran atau paradigma atau pandangan manusia tersebut. Sehingga dengan keterbukaan fikirnya atau pemahaman secara kognitif maupun emosional, seseorang dapat menggali potensi dan kemampuan yang ada di dalam diri manusia tersebut, dan akan melahirkan potensi penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta Iman dan Taqwa (IMTAQ) secara seimbang.

SDA harus dikelola secara baik dan benar, guna kemaslahatan manusia atau masyarakatnya. SDA dalam aspek sosial khususnya di lembaga sosial adalah pemanfaatan sumber-sumber penunjang pengembangan potensi SDM, berupa Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf (ZISWAF), serta lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga) agar bermanfaat bagi masyarakat lingkungan dan masyarakat luas. Pengelolahan ZISWAF secara maksimal akan mewujudkan sarana-sarana penunjang pengembangan SDM dalam bidang apapun.

Cita-cita besar dan mulia ini tentunya tidak akan mudah kita raih begitu saja, untuk itulah Yayasan Gema Insan Amanah (GIA) ada, dan ikut serta untuk membangun SDM dan mengelola SDA secara maksimal. Bersama dengan para sahabat, teman dan kawan, kami ingin mengangkat harkat dan martabat saudara-saudara kami yang lemah, khususnya anak yatim, dhuafa dan jompo berdomisili di Ds.Mekarmukti/Cikarang Utara, Ds.Tanjung Mekar/Karawang Barat, Ds.Laksana Mekar/Padalarang, Ds.Ciakar/Panongan dan Ds. Bokoharjo/Prambanan melalui bidang Pendidikan, Sosial, Kemanusiaan dan Keagamaan.

Daerah ini dikenal sebagai sentra perindustrian terbesar se-Asia Tenggara, namun masyarakatnya masih kurang diperhatikan dalam hal pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Maka kami sebagai yayasan mitra sosial dalam menghantarkan generasi yang berakhlak mulia, mandiri, berpendidikan luas dan bermartabat, memprogramkan kegiatan-kegiatan dalam bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan bekerjasama dengan masyarakat maupun pemerintah.

Untuk itu kiranya kami memohon do’a dan dukungan dari pemerintah, masyarakat dan instansi-instansi terkait. Agar segala kegiatan yang menyangkut program-program Yayasan Gema Insan Amanah dapat berjalan dengan baik dan mampu menebar manfaat sampai ke pelosok penjuru negeri ini.

KELUAR