Minggu, 14 Apr 2024
  • Yayasan Gema Insan Amanah - Berani Berkarya Untuk Bersama

PERLOMBAAN DALAM MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW

PERLOMBAAN DALAM MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan kegiatan perayaan hari lahirnya seorang manusia berbudi pekerti yang agung utusan Sang Maha Pencipta, Khatamul Anbiya’, Nabi Muhammad SAW. Tradisi ini berkembang  di masyarakat muslim jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat sebagai ekspresi kegembiraan, kecintaan dan penghormatan ummat Islam kepada Nabinya yang mulia.

Pada hari Ahad, 07 November 2021 Yayasan Gema Insan Amanah (GIA) mengadakan perlombaan dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M. Perlombaan dilaksanakan di Yayasan GIA Pusat (Cikarang) yang diikuti oleh anak-anak yatim dan dhuafa binaan dari Yayasan GIA pusat Cikarang, GIA cabang Karawang, GIA cabang Tangerang dan GIA cabang Bandung Barat. Peserta merupakan anak-anak dari jenjang Pendidikan SD, SMP dan SMA.

Peserta Lomba Adzan, Tahfidz Qur’an, Cerdas Cermat

Ada tiga perlombaan yang diselenggarakan dalam acara ini, yaitu lomba adzan, lomba Tahfidz Qur’an juzz 30 dan lomba Cerdas Cermat dengan peserta secara keseluruhan ada 40 anak. Tujuan diadakan perlombaan ini diantaranya adalah untuk mengetahui kemampuan anak-anak, melatih mentalnya, menggali bakatnya, merangsang minat belajarnya, serta memberikan kesempatan untuk berekspresi dan bereksplorasi.

Ajang perlombaan yang sederhana ini diawali dengan acara seremonial pembukaan lomba sekira pukul 08.30 hingga 09.30 WIB. Hadir dalam acara ini beberapa tokoh masyarakat sekaligus tokoh agamawan dan para ustadz dan ustadzah Yayasan GIA yang sengaja diundang untuk menjadi juri dalam perlombaan ini. Seremonial pembukaan lomba cukup singkat, cukup diisi dengan sambutan ketua panitia penyelenggara lomba, Bapak Ade Suhud Afandi, Ketua Umum Yayasan GIA Bapak Supar sekaligus peresmian pembukaan lomba, dan terakhir acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustadz Rojak.

Senang, gembira, bersukacita, dan sangat bersemangat, demikian gambaran suasana yang dipenuhi anak-anak peserta lomba ini. Sebuah keadaan yang beberapa waktu kebelakang sulit didapatkan karena wabah, semoga keadaan terus membaik. Perlombaan dimulai, seluruh peserta lomba menuju ke tempat lomba masing-masing. Perlombaan ini diadakan di dua tempat, yaitu dilantai dua dan lantai tiga selasar tengah Yayasan GIA pusat. Lomba adzan dilaksanakan di lantai dua, lomba tahfidz Qur’an dilaksanakan di lantai tiga, sedangkan untuk lomba cerdas cermat dilaksanakan setelah lomba adzan, ba’da dzuhur pukul 13.00 di selasar lantai dua Yayasan GIA pusat.

Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan berakhir pada pukul 14.30. Peserta lomba sangat antusias dan semangat dalam mengikuti perlombaan. Acara perlombaan ini merupakan ajang untuk dapat menyalurkan bakat dan minat anak-anak binaan Yayasan GIA, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Pemenang lomba langsung diumumkan pada saat perlombaan selesai, semua peserta lomba masing-masing mendapatkan sertifikat. Akan tetapi, pembagian hadiah pemenang lomba akan diberikan pada saat perayaan Maulid Nabi Muhammad yaitu pada tanggal 28 November 2021 mendatang.  

Pemenang Lomba dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Yayasan Gema Insan Amanah. Ahad, 7 November 2021.

A. Lomba Adzan
Juara I: Ardy (GIA Karawang)
Juara II: Abdul Yasin (GIA Pusat)
Juara III: Hafidi (GIA Pusat)

B. Lomba Tahfidz Qur’an
Kategori 1 (QS. Annas – QS. Aduhha)
Juara I: Malik (GIA Pusat)
Juara II: Yusuf A. (GIA Pusat)
Juara III: Zaki S. (GIA Pusat)


Kategori 2 (QS. Annas – QS. Annaba)
Juara I: Lisna Putri (GIA Pusat)
Juara II: Hasna (GIA Pusat)
Juara III: M. Robi F. (GIA Pusat)

C. Lomba Cerdas Cermat
Juara I: GIA Pusat
Juara II: GIA Tangerang
Juara III: GIA Karawang

Foto Bersama setelah selesai lomba
AdminGia

Tulisan Lainnya

Do'a Bersama Malam Jum'at
Oleh : Latri Yuli

Do’a Bersama Malam Jum’at

0 Komentar

KELUAR