Minggu, 03 Mar 2024
  • Yayasan Gema Insan Amanah - Berani Berkarya Untuk Bersama

MANFAAT BERQURBAN

Manfaat Berqurban GIA

Manfaat Berqurban

Setelah kita mengetahui makna dari berqurban, yaitu untuk mengajarkan setiap umat muslim untuk rela mengurbankan  apa yang dimiliki semata-mata ditujukan sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT. Sekarang kita akan membahas mengenai manfaat dari berqurban. Sama halnya seperti manfaat zakat dan bentuk ibadah lainnya, ibadah qurban juga memiliki manfaat dalam kehidupan pribadi dan sosial. Di bawah ini adalah manfaat qurban menurut pendekatan yang berbeda.

Manfaat Kurban Untuk Kehidupan Pribadi

  • Meningkatkan Ketakwaan Kepada Allah SWT.

Berqurban adalah salah satu perintah Allah yang secara jelas dinyatakan dalam Al-Qur’an. Berqurban dapat menjaga dan bahkan meningkatkan pengabdian kita kepada Allah. Agar kita memiliki iman yang lebih kuat dan tidak mudah mengikuti nafsu.

  • Menumbuhkan Rasa Kasih Antar Sesama

Berqurban dapat melatih kita untuk memiliki sikap kepedulian antar sesama. Bagi kita yang memiliki harta lebih hendaknya menyisihkan untuk diqurbankan dalam bentuk hewan ternak yang kemudian dagingnya  akan dikonsumsi oleh banyak orang yang membutuhkan.

  • Membangun Sikap Solidaritas

Saat berqurban, sebaiknya juga membaur dengan orang lain dalam proses penerimaan, penyembelihan, dan membagikan hewan qurban. Manfaat hidup rukun, saat kegiatan qurban akan membuat kita saling bekerjasama dalam melakukan ibadah ini, setiap apa yang kita lakukan akan menjadi amalan baik. Oleh karena itu akan membuat kita lebih bisa bersosialisasi dan berhubungan baik dengan orang lain.

  • Melatih Diri Menjadi Murah Hati

Untuk menjadi pribadi yang murah hati perlu dilatih hingga menjadi sebuah kebiasaan. Pribadi yang murah hati dalam kebaikan sangat baik dan banyak manfaatnya. Jika kita sudah sering bersedekah harta mungkin bisa di tingkatkan dengan berqurban di waktu hari raya Idul Adha.

  • Menjauhkan Diri Dari Sifat Serakah

Berqurban membutuhkan banyak syarat yang harus dipenuhi, mulai dari seseorang harus mampu & mau melakukannya, dan itu bukanlah hal yang mudah. Sebagian dari kita mungkin ada yang mampu tapi tidak mau. Sehingga jika kita rela berqurban, itu menunjukkan bahwa kita tidak terlalu tergila-gila dengan harta dan tidak sulit untuk melepaskannya.

  • Rezeki Menjadi Berkah

Saat kita berqurban menjadi salah satu upaya untuk menjadikan apa yang selama ini kita kumpulkan, harta benda yang kita miliki menjadi berkah dengan menggunakannya untuk ibadah. Bahkan manfaat qurban, akan membahagiakan orang lain dalam jalan ke-Islaman.

  • Sebagai Bekal di Hari Akhir

Tentu saja ibadah qurban akan menjadi amal baik yang akan di catat oleh malaikat. Ibadah qurban yang dilakukan hanya sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah akan mendapat pahala yang berlimpah. Pahala ini akan menyelamatkan kita di hari akhir kelak.

Manfaat Berkurban Untuk Orang Lain

  • Mencukupi Kebutuhan Gizi Kaum Tidak Mampu

Dari tinjauan kesehatan, manfaat qurban dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia. Mengingat kebutuhan gizi rakyat Indonesia sangat tinggi dan tidak semua rakyat mampu merasakan manfaat daging sapi ataupun kambing. Oleh karena itu, momen hari raya qurban menjadi salah satu kesempatan bagi masyarakat dari kalangan tidak mampu untuk memperbaiki asupan gizi, terutama manfaat yang berasal dari daging sapi dan kambing.

  • Membantu Usaha Ternak

Tidak hanya bermanfaat bagi penerima kurban dan orang yang berkurban, tentunya kegiatan ini juga sangat membantu para peternak setempat. Peranan para peternak hewan seperti sapi, kambing, dan domba di Indonesia akan sangat penting dalam membantu terlaksananya kegiatan qurban ini. Manfaat qurban akan membantu meningkatkan aspek di bidang peternakan

Bagi umat Islam tentunya ibadah qurban tidak hanya semata-mata ibadah, namun memberikan manfaatnya untuk sesama muslim. Untuk itu kepada seluruh sahabat GIA, yuk saatnya kita memberikan manfaat kepada sesama dengan berqurban di Yayasan GIA☺

Post Terkait

AYO DATANG KE TPS!
13 Feb 2024

AYO DATANG KE TPS!

0 Komentar

KELUAR