Minggu, 03 Mar 2024
  • Yayasan Gema Insan Amanah - Berani Berkarya Untuk Bersama

JANGAN DITUNDA, SELAMA MASIH ADA KESEMPATAN

Siapakah yang Terkena Qadha’ Puasa?

Yang dimaksud dengan qadha’ adalah mengerjakan suatu ibadah yang memiliki batasan waktu di luar waktunya. Adapun orang yang dikenakan qadha’ puasa adalah orang yang sakit dan sakitnya memberatkan untuk puasa, wanita hamil dan menyusui apabila berat untuk puasa, seorang musafir, juga wanita yang mendapati haidh dan nifas.

Pembayaran Fidyah

Bagi orang yang sudah tua renta yang tidak mampu lagi berpuasa, serta orang sakit yang sakitnya tidak kunjung sembuh, maka wajib bagi mereka fidyah sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Ta’ala,

وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ

Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin” (QS. Al Baqarah: 184).

Ibnu ‘Abbas mengatakan, “(Yang dimaksud dalam ayat tersebut) adalah untuk orang yang sudah sangat tua dan nenek tua, yang tidak mampu menjalankannya, maka hendaklah mereka memberi makan setiap hari kepada orang miskin”.

Sebelum bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini, buat sahabat GIA yang masih mempunyai hutang puasa yuk segera dibayar, baik itu dengan puasa qodho atau dengan fidyah. Jangan ditunda-tunda ya, selama masih ada kesempatan, oke!

Post Terkait

AYO DATANG KE TPS!
13 Feb 2024

AYO DATANG KE TPS!

0 Komentar

KELUAR