Minggu, 03 Mar 2024
  • Yayasan Gema Insan Amanah - Berani Berkarya Untuk Bersama

BIDANG SOSIAL

BIDANG SOSIAL

Di bidang sosial ini Yayasan Gema Insan Amanah menggulirkan program Pendidikan, Pembangunan Rumah Yatim, Pelayanan Kesehatan Gratis untuk dhuafa dan Pemberdayaan Masyarakat

Pendidikan

1. Menyelenggarakan Pendidikan PAUD/KB/TK

2. Menyelenggarakan pembelajaran Agama Islam dasar: belajar baca Iqro & Al-Qur’an, tahfidz Al-Qur’an, fiqih, praktikum ibadah dan aqidah akhlak

3. Menyelenggarakan pelatihan kesenian marawis, hadroh, pencak silat dll

4. Santunan Pendidikan Yatim (uang saku, SPP dan biaya pendidikan lainnya)

5. Subsidi Pendidikan (subsidi yang diberikan kepada anak-anak yatim dan dhuafa yang sudah menyelesaikan Pendidikan Tingkat Atas dan memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi namun terkendala masalah biaya)

Pembangunan Rumah Yatim

Yayasan GIA telah membangun Rumah Yatim yang baru dirampungkan pada akhir tahun 2020 lalu. Rumah Yatim ini dibangun khusus untuk mukim anak-anak yatim dan yatim piatu putra. Anak-anak yatim dan yatim piatu yang mukim menjadi tanggung jawab Yayasan GIA sepenuhnya baik kebutuhan makan sehari-hari, biaya pendidikan, keselamatannya, maupun semua yang menjadi hak-haknya selama ditempat mukim. Di Rumah Yatim anak-anak juga diberikan pendidikan dan pelatihan-pelatihan baik bidang sosial, kemanusiaan maupun keagamaan agar kedepan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berakhlak mulia, mandiri, dan bermartabat.

Rumah Yatim dirasakan memiliki fungsi yang sangat penting dan manfaat yang besar untuk mendidik dan memberikan pelatihan-pelatihan kepada anak-anak. Untuk itu Yayasan GIA memprogramkan membangun Rumah Yatim lagi khusus putri. Alhamdulillah, bagaikan gayung bersambut kata berjawab, Yayasan GIA merencanakan Allah SWT memberikan jalan. Rumah yang sejak tahun 2016 lalu disewa untuk kantor sektretariat Yayasan GIA Karawang dihibahkan oleh pemiliknya, Ibu Nurwiyah. Kini pemiliknya juga memberikan kesempatan kepada Yayasan GIA Karawang untuk memperluas lahan dengan membeli tanahnya seluas 90 m2 dan bangunan 80 m2 disebelahnya senilai Rp. 375.000.000 (tiga ratus tujuh puluh lima juta rupiah).

Pelayanan Kesehatan Gratis

Program pelayanan Kesehatan Gratis ini ditujukan untuk masyarakat yang lemah secara ekonomi karena tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan yang memadai serta tidak memiliki akses kesehatan yang terjangkau ketika sedang sakit. Untuk itu Yayasan GIA bermitra dengan para dokter, bidan dan puskesmas terdekat agar masalah-masalah kesehatan masyarakat yang tidak mendapatkan akses kesehatan tersebut dapat segera teratasi. Program Pelayanan Kesehatan Gratis tersebut meliputi:

  1. Menyelenggarakan pengobatan gratis untuk yatim/piatu dan kaum dhuafa.
  2. Menyediakan mobil Ambulance bagi masyarakat dhuafa yang membutuhkan
  3. Membangun rumah Apotek

Pemberdayaan Masyarakat

Program pemberdayaan masyarakat yang digulirkan oleh Yayasan Gema Insan Amanah meliputi:

  1. Pengadaan dan Pengelolaan sawah
  2. Budidaya Tanaman Holtikultura
  3. Usaha Binaan
  4. Ternak Keren
  5. Penyuluhan, pembinaan dan pelatihan oleh tenaga ahli yang berkompeten dibidangnya

KELUAR