Rabu, 29 Mei 2024
  • Yayasan Gema Insan Amanah - Berani Berkarya Untuk Bersama

PENCAK SILAT UNTUK KESEHATAN

Pencak Silat adalah seni bela diri yang berasal dari Indonesia dan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. Penetapan itu dilakukan pada sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, yang berlangsung di Bogota, Kolombia, 9-14 Desember 2019.

Menurut Kemdikbud.go.id, Pencak Silat merupakan seni bela diri tradisional yang menjadi bagian dari budaya Indonesia. Budaya yang dimaksud adalah karakter kebudayaan khas timur yakni etika.

Sementara soal gerakan, dalam ‘Pendidikan Jasmani dan Kesehatan’ karya Asep Kurnia Nenggala menjelaskan pertahanan yang digunakan dalam pencak silat adalah tangan, kaki, tumit, siku, jari-jari serta kepala.

Pencak silat melibatkan serangkaian latihan intens yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa menguasainya. Di balik berbagai gerakan yang diajarkan, pencak silat ternyata membawa manfaat tersendiri bagi kesehatan fisik dan mental.

PENCAK SILAT UNTUK KESEHATAN FISIK

Memiliki fisik yang sehat menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Pencak silat merupakan sebuah gaya hidup aktif yang memberikan tambahan energi pada tubuh untuk tetap bersemangat di tengah kesibukan. Inilah manfaat olahraga pencak silat untuk kesehatan fisik.

  • Meningkatkan Kekuatan Fisik

Pencak silat adalah olahraga yang melibatkan seluruh bagian tubuh, sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan kardiovaskular.

  • Menjaga Berat Badan Ideal

Melakukan pencak silat secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap pada angka yang ideal. Gerakan pencak silat terbukti dapat membakar banyak kalori dalam waktu singkat dan memberikan bentuk tubuh yang lebih baik.

  • Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Ketika berlatih pencak silat, akan diajari untuk melakukan serangkaian gerakan pendek dalam waktu yang lama. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Meskipun gerakan tersebut terlihat ringan dan mudah, namun seluruh otot tubuh terlibat dan ikut bergerak. Gerakan yang terus menerus ini juga meningkatkan kapasitas paru-paru, sehingga tubuh menjadi semakin kuat. Selain itu, pencak silat juga memiliki variasi gerakan seperti lompat tali, push up, sit up, dan gerakan lain yang dirancang untuk menambah kekuatan jantung.

  • Memperbaiki Postur Tubuh

Disadari atau tidak, postur tubuh yang salah dapat memicu berbagai macam penyakit seperti nyeri leher, otot kaku, sakit kepala, dan masih banyak lagi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh adalah dengan meningkatkan fleksibilitas melalui latihan pencak silat. Tahap peregangan otot pada setiap sesi latihan sangat baik untuk membentuk postur tubuh yang ideal.

PENCAK SILAT UNTUK KESEHATAN MENTAL

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang penting, kesehatan mental juga. Menjaga mental agar tetap sehat bisa dilakukan dengan membuat tubuh bergerak aktif, misalnya dengan latihan pencak silat. Inilah manfaat pencak silat untuk kesehatan mental.

  1. Sarana Pengembangan Karakter
  2. Self-Healing Secara Mandiri
  3. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri
  4. Stabilitas Emosional
  5. Menciptakan Gaya Hidup Sehat

Dari penjelasan berikut, pencak silat untuk kesehatan memang sangat bermanfaat, dengan begitu Yayasan Gema Insan Amanah  memilih pencak silat sebagai salah satu kegiatan pekanan para santri dengan tujuan membentuk keberanian dalam diri juga menjaga kesehatan fisik dan mental setiap santri. Kegiatan ini dilaksanakan satu hari dalam sepekan tepatnya di hari sabtu pukul dua siang.

Dan dengan kegiatan pencak silat ini santri Yayasan GIA diharapkan memiliki keberanian yang tinggi disituasi seperti apapun, memiliki fisik yang sehat serta mental yang kuat. Sehingga mereka tidak takut kepada siapapun dan dimanapun karena yang harus ditakuti hanyalah Allah SWT. Namun dengan kegiatan pencak silat ini juga mereka diharapkan menjadi insan yang tawadhu dan tidak sombong.

Referensi :

9 Manfaat Pencak Silat untuk Kesehatan Fisik dan Mental (doktersehat.com)

Pencak Silat Berasal dari Mana? Ini Pengertian, Sejarah, dan Teknik Dasarnya (detik.com)

KELUAR