Rabu, 29 Mei 2024
  • Yayasan Gema Insan Amanah - Berani Berkarya Untuk Bersama

Bahayanya Sifat Sombong!

Sombong adalah perasaan yang dapat membawa manusia jauh dari kebenaran dan kualitas moral yang seharusnya dimiliki.
Dalam bahasa Arab, Sombong atau “Kibr” adalah sikap merasa lebih tinggi atau lebih baik daripada orang lain. Seseorang yang sombong seringkali meremehkan orang lain dan menolak kebenaran. Sikap sombong menunjukkan ketidakmampuan untuk merendahkan hati dan mengakui bahwa semua kemampuan dan prestasi adalah karunia dari Allah.
Sombong adalah dosa besar yang dapat menghancurkan hubungan dengan Allah dan orang lain. Ini adalah sikap yang sangat merugikan, dan Allah SWT telah mengingatkan umat manusia tentang bahayanya dalam Al-Quran dan Hadis.

Beberapa ayat Al-Quran tentang larangan memiliki sifat sombong

  1. Surat Luqman Ayat 18 yang artinya :
    “Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong), dan janganlah berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.”
  2. Surat Al-Mu’min ayat 76 yang artinya :
    (Dikatakan kepada mereka): “Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong .”
  3. Surat An-Nisa ayat 173 yang artinya :
    “Adapun orang-orang yang beriman dan berbuat amal saleh, maka Allah akan menyempurnakan pahala mereka dan menambah untuk mereka sebagian dari karunia-Nya. Adapun orang-orang yang enggan dan menyombongkan diri, maka Allah akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih, dan mereka tidak akan memperoleh bagi diri mereka, pelindung dan penolong selain dari pada Allah.”

Selain didalam ayat Al-Qur’an, larangan memiliki sifat sombong juga dijelaskan dalam hadits, yaitu :

  1. Tidak akan masuk surga seorang yang dalam hatinya ada sebiji dzarrah dari kesombongan. (HR. Muslim)
  2. Barangsiapa tawadlu’ (bersikap rendah diri) kepada Allah SWT satu derajat, niscaya Allah akan mengangkatnya satu derajat, & barangsiapa bersikap sombong kepada Allah satu derajat, maka Allah akan merendahkan satu derajat hingga derajat yg paling hina. [HR. Ibnumajah No.4166].

Dari ayat Al-Qur’an dan Hadits diatas menjelaskan bahwasannya Allah sangat tidak menyukai sifat sombong yang ada pada hamba-Nya. Bahkan jika hanya sekecil biji sawi pun akan ada balasannya.

Beberapa bahayanya Sifat Sombong diantaranya dapat menyebabkan :

  1. Menghambat Pertumbuhan Rohani: Sombong dapat menghambat pertumbuhan rohani seseorang. Kebijaksanaan dan kebaikan hati seringkali ditemukan dalam kerendahan hati.
  2. Menghancurkan Hubungan: Sikap sombong dapat menghancurkan hubungan dengan orang lain. Orang yang merasa lebih tinggi cenderung meremehkan dan menghina orang lain.
  3. Melalaikan Kebenaran: Orang yang sombong sering menolak kebenaran dan berusaha menghindarinya. Mereka merasa bahwa mereka tahu segalanya dan tidak butuh belajar.
  4. Hilangnya Rahmat Allah: Al-Quran mengingatkan bahwa Allah tidak menyukai orang yang sombong. Ini berarti bahwa seseorang yang sombong dapat kehilangan rahmat dan dukungan Allah.

Untuk itu, Islam mengajarkan pentingnya merendahkan hati dan menjauhi sikap sombong. Merendahkan hati bisa membantu seseorang untuk memahami bahwa segala sesuatu yang dimilikinya adalah karunia dari Allah, bukan hasil dari superioritas pribadi. Sikap rendah hati juga membantu dalam berinteraksi dengan sesama manusia, menciptakan hubungan yang lebih harmonis, dan menghindari konflik.

Sahabat GIA, sombong adalah rintangan utama dalam mencapai akhlak yang baik dan hubungan yang sehat dengan Allah. Oleh karena itu, seorang Muslim diharapkan untuk selalu berusaha menjaga hati yang rendah dan mengingat bahwa hanya Allah yang layak dipuji. Semoga kita semua termasuk kedalam orang-orang yang selalu menjaga & merendah hati yaaa.

KELUAR